Berikut ini manfaat dari  Daun sambiloto (Andrographis paniculata) sebagai obat Tradisional :

Kencing manis
Daun sambiloto1/2 genggam dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai menjadi sekitar 2 1/4 gelas. Ramuan di dinginkan dan di saring. Diminum sehabis makan, 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Demam
Satu genggam daun sambiloto di cuci bersih, kemudian ditumbuk dan tambahkan 1/2 cangkir air matang. Campuran di saring lalu di minum sekaligus. Sisa hasil penyaringan daun sambiloto bisa digunakan sebagai tapal untuk meringankan demam.

Influenza dan sakit kepala
1 g serbuk kering daun sambiloto diseduh dengan air panas satu cangkir atau secukupnya. Biarkan sampai menjadi dingin barundi minum, lakukan 3-4 kali sehari.

Disentri, diare, radang saluran napas, radang paru
Herba kering daun sambiloto sebanyak 9-15 g di tambahkan air sebanyak 3 gelas, kemudian direbus sampai tersisa 1 gelas. Air rebusan kemudian di saring dan di minum sehari 2 kali, masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

Darah tinggi dan batuk rejan
5-7 Lembar daun sambiloto segar, di cuci bersih, kemudiaan di seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya dan diaduk sampai merata.. Setelah dingin baru di minum. Lakukan 3 kali sehari.






Mudah mudahan postingan Mnafaat tanaman / Daun sambiloto (Andrographis paniculata) ini bermanfaat  terima kasih .

0 komentar: